Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Dorong Pengembangan, Kemenperin Gelar Pelatihan IKM

Peluang.co.id -  Dalam rangka meningkatkan peran sektor industri dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,  Kementerian Perindustrian  (Kemen...



Peluang.co.idDalam rangka meningkatkan peran sektor industri dalam upaya pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar kegiatan pelatihan IKM Go Digital bagi para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM).


"Upaya ini juga sekaligus memberdayakan para pelaku IKM dengan memiliki kecakapan digital (digital literacy) dalam menghadapi era industri 4.0 ini," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada peluncuran  Solo Great Sale 2021 di Stadion Manahan, Solo, dilansir Sabtu (2/10/21).


Agus menjelaskan strategi penguatan IKM di masa pandemi merupakan langkah penting karena sudah semestinya merangkul IKM yang berpredikat sebagai tulang punggung perekonomian nasional.


Sebagai bagian dari industri nasional, IKM berperan sangat besar dengan mengisi 99% dari total unit usaha industri di Indonesia secara keseluruhan. Sektor IKM juga berhasil menyerap 66% dari total tenaga kerja di sektor industri.


"Meski demikian, nilai output IKM terhadap industri masih tergolong rendah berkisar di angka 21%. Hal ini merupakan salah satu perhatian kami di Kemenperin," jelas Agus.


Kemenperin pun fokus untuk memacu agar IKM naik kelas dan menjadi bagian dari rantai pasok industri besar. Hal ini dapat memaksimalkan kontribusi outputnya terhadap industri dan perekonomian baik nasional maupun daerah.


Sebagai informasi, Kemenperin juga turut berpartisipasi dalam pengembangan IKM di Surakarta antara lain  melalui pembangunan Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni dengan DAK Bidang Sentra Industri Kecil dan Menengah. 



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : bantuan ikm, ikm kementan, ikm dan ukm, jenis ikm

Reponsive Ads