Mobile Menu

navigasi

More News

BI Ungkap Utang Indonesia Naik Lagi, Jadi Berapa?

12:11 AM



Peluang.co.id Bank Indonesia (BI) mengungkapkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia naik 2,7% (yoy) pada Agustus 2021. Sehingga total ULN menjadi US$ 423,5 miliar atau sekitar Rp 5.956 triliun. 


Direktur Departemen Komunikasi BI Muhamad Nur menyampaikan peningkatan utang itu disebabkan oleh peningkatan pertumbuhan ULN sektor publik, dalam hal itu Pemerintah dan Bank Sentral.


ULN Pemerintah tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi ULN Pemerintah di Agustus 2021 sebesar US$ 207,5 miliar atau tumbuh 3,7% (yoy), sedikit meningkat dari pertumbuhan bulan sebelumnya 3,5% (yoy).


"Kenaikan itu, disebabkan oleh masuknya arus modal investor asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) seiring berkembangnya sentimen positif kinerja pengelolaan SBN domestik," ungkapnya dilansir dari situs BI, Jumat (15/10/2021).


Kemudian untuk posisi ULN Pemerintah dalam bentuk pinjaman tercatat mengalami penurunan seiring pelunasan pinjaman yang jatuh tempo sebagai upaya untuk mengelola ULN.


Pemerintah juga terus berkomitmen mengelola ULN Pemerintah secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas.


"Posisi ULN Pemerintah aman karena hampir seluruh ULN memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,9% dari total ULN Pemerintah," tutupnya.



( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : utang luar negeri indonesia pdfutang luar negeri indonesia tahun 2020utang indonesia ke negara mana sajadata utang luar negeri indonesia 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment