Mobile Menu

navigasi

More News

Tumbuh 8%, Industri Furnitur Tangguh Hadapi Pandemi

8:15 PM



Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan Industri furnitur telah memberikan kontribusi yang signifikan bagu ekonomi nasional ditengah pandemi COVID-19.


Industri furnitur sebagai sektor padat karya dan berorientasi ekspor, juga berperan penting dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Agus dikutip dari situs Kemenperin, Selasa (21/9/2021).


Pada triwulan I tahun 2021, kinerja industri furnitur mampu bangkit dan tumbuh positif sebesar 8,04 persen. Setelah pada periode yang sama tahun lalu mengalami kontraksi 7,28 persen karena dampak pandemi COVID-19. 


Adapun subsektor industri kayu, barang dari kayu, rotan dan furnitur yang menyumbang sebesar 2,60 persen terhadap pertumbuhan kelompok industri agro.


“Peluang pasar furnitur dan kerajinan yang terus tumbuh, harus didukung dengan penyediaan faktor-faktor produksi yang utama, antara lain bahan baku, modal, dan tenaga kerja,” imbuhnya.


Salah satu faktor yang mendongkrak penjualan produk furnitur di saat pandemi, yaitu adanya peralihan atau reorganisasi signifikan belanja rumah tangga masyarakat, dari yang untuk hiburan, pariwisata atau transportasi, menjadi kebutuhan untuk menata dan merenovasi rumah. 


“Bahkan, aktivitas belanja online selama pandemi juga mendukung peningkatan penjualan furnitur, baik memenuhi pasokan pasar domestik maupun ekspor,” tuturnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : ekspor furnitur indonesia, industri furniture 2021, data produksi mebel, ekspor furniture 2020


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment