Mobile Menu

navigasi

More News

Risma Bantah Kemensos Hentikan Penyaluran Bansos

8:11 PM



Peluang.co.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini menegaskan Kemensos tetap akan melaksanakan tugas perlindungan sosial melalui program bansos. Ia mengatakan pemerintah tidak akan menghentikan bantuan kepada masyarakat miskin terdampak pandemi. 


“Bantuan sosial untuk masyarakat miskin dan rentan, terus berlanjut. Tahun depan, Kemensos menganggarkan Rp74,08 triliun atau 94,67% untuk bantuan sosial. Jadi tidak benar kalau Kemensos menghentikan program bansos,” tegas Risma dilansir dari situs Kemensos, Jumat (24/9/21).


Adapun bansos khusus memiliki karakteristik berbeda. Bansos khusus eksisting yang dikelola Kemensos adalah Bantuan Sosial Tunai (BST).


“PKH dan BPNT terus berjalan baik ada atau tidak ada pandemi. Karena memang dimaksudkan untuk penanganan kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM unggul,” imbuh Risma.


Program bansos yang dikelola Kemensos terdiri dari bansos reguler dan bansos khusus. Bansos reguler diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako.


“BST ini dirancang untuk kedaruratan, bukan untuk keperluan permanen. BST diluncurkan pemerintah terkait dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring tingginya angka penularan virus saat itu,” tuturnya.


Meskipun penyaluran bantuan sosial tunai (BST) diperpanjang hanya sampai bulan Mei dan Juni 2021, Risma memastikan masyarakat miskin dan rentan tetap menjadi fokus perhatian Kemensos. 


Risma mempersilakan masyarakat melaporkan diri ke perangkat pemerintah daerah terkait, seperti dinas sosial, kelurahan/desa, atau RT/RW, bila merasa layak mendapatkan bantuan



( Gambar : Kemensos / Penulis : Fitri )



Tags : cek bansos ktpdaftar bansos onlinecek bansos covidcek bansos 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment