Mobile Menu

navigasi

More News

Pacu Daya Saing Industri, Kemenperin Tingkatkan Kualitas Standar Produk

1:51 AM



Peluang.co.idKementerian Perindustrian memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas. Hal ini untuk dapat memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan pasar.


Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pihaknya telah menginisiasi penerapan standardisasi dan optimalisasi teknologi industri guna mewujudkan pembangunan sektor industri.


“Langkah strategis yang telah dilakukan antara lain dengan peningkatan jumlah Standar Nasional Indonesia (SNI), simplifikasi prosedur pemenuhan SNI, dan memperkuat lembaga penilaian kesesuaian,” jelas Agus di Jakarta, Rabu (22/9/21).


Sementara itu, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin, Doddy Rahadi menyampaikan produsen yang mampu menghasilkan produknya sesuai persyaratan standar, juga akan memperoleh peningkatan persepsi akan kualitas (perception of quality) produk. 


“Artinya, standar juga berfungsi sebagai isyarat pasar untuk memberi jaminan kualitas bagi konsumen,” imbuhnya.


BSKJI Kemenperin juga telah melaksanakan Bimtek Akbar seri 2 tahun 2021 pada Selasa (21/9). Tema yang diusung adalah Peran Penilaian Kesesuaian pada Standardisasi Industri untuk Mendorong Daya Saing Industri Nasional.


“Manfaat dari bimtek ini adalah menyiapkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) industri dalam hal kalibrasi alat dan mesin pengujian produk yang akan digunakan untuk pengujian produk baik di perusahaan industri maupun lembaga penilai kesesuaian dalam rangka penguatan penjaminan mutu produk industri nasional,” tandanya.



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : jenis dan kualitas produk, standar produk adalah, pengertian standar kualitas, contoh kualitas produk


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment