Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemnaker Minta Pemda Tangani Pengangguran Secara Konsisten

Peluang.co.id -  Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya mengurangi angka pengangguran dengan melakukan perbaikan layanan informasi ket...



Peluang.co.idKementerian Ketenagakerjaan terus berupaya mengurangi angka pengangguran dengan melakukan perbaikan layanan informasi ketenagakerjaan dalam memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM).


Saat ini, pengangguran masih menjadi permasalahan serius yang memerlukan penanganan melalui berbagai kebijakan, baik Pemerintah Pusat dan Daerah atau pihak swasta. 


“Upaya mengatasi pengangguran ini menjadi hal yang penting di tengah terpuruknya kondisi perekonomian akibat pandemi COVID-19, serta mencegah munculnya masalah sosial masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dilansir dari laman Kemnaker, Jumat (3/9/2021).


Anwar mengatakan hal ini sesuai dengan arahan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam mengurangi angka pengganguran perlu keterlibatan semua lembaga terkait.


“Adanya koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Daerah serta lembaga penempatan tenaga kerja dalam meningkatkan pelayanan penempatan tenaga kerja untuk mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.


Berdasarkan survei Sakernas BPS per Februari 2021, sebanyak 1,62 juta orang merupakan pengangguran yang Bukan Angkatan Kerja (BAK) karena COVID-19.


Sebanyak 0,65 juta orang tidak bekerja karena COVID-19 sebanyak 1,11 juta orang. Dampak dari pandemi COVID-19 ini diprediksi ada sekitar 10 juta pengusaha mandiri akan berhenti bekerja dan 10 juta lainnya pendapatan menurun lebih dari 40%.


Adanya pertambahan jumlah angka pengangguran pada angkatan kerja usia muda disebabkan berbagai faktor seperti spesifikasi pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan mereka; kurangnya pengetahuan dan keahlian terhadap lowongan pekerjaan.


“Ini merupakan tantangan yang berat bagi ketenagakerjaan di Indonesia meskipun meningkatnya jumlah pengangguran ini juga dialami oleh hampir semua negara di dunia,” tuturnya.


( Gambar : Kementerian Ketenagakerjaan / Penulis : Fitri )



Tags : kemnaker.go.id login bltcek data kemnakerdaftar kemnaker kartu pra-kerjaaplikasi kemnaker


Reponsive Ads