Mobile Menu

navigasi

More News

Kementan ke Peternak : Stok Jagung Aman & Terkendali

8:46 PM



Peluang.co.idKepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, BKP Kementerian Pertanian, Risfaheri memastikan pasokan stok jagung aman dan terkendali hingga Desember 2021. 


"Kondisi pasokan stok aman dan setiap pedagang pengepul rata-rata setiap hari masuk 100-150 ton, dan pengiriman jagung ke pabrik pakan dan peternak di Jawa dan Jakarta 100 ton per hari, dan stok tertinggal di gudang pengepul setiap harinya tidak kurang dari 100 ton," jelas Risfaheri dilansir dari situs Kementan, Selasa (28/9/2021). 


Berdasarkan pemantauan stok yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan (BKP), stok jagung nasional pada minggu IV (20 September 2021) mencapai 2.750.072 ton.


"Monitoring pasokan dan stok di berbagai titik distribusi yang kita lakukan menunjukkan bahwa jagung tersedia cukup dan sebaran maupun distribusi jagung aman," imbuhnya.


Sebelumnya, penurunan jumlah stok jagung sempat terjadi sehingga harga jagung pun naik. Namun seiring perintah Presiden Jokowi untuk menurunkan harga jagung, maka harga jagung di pengepul juga menurun menjadi Rp 5.250/kg dari sebelumnya Rp 5.750/kg.  


Kementan juga terus berupaya membantu stabilitas pasokan dan harga jagung bagi peternak ayam seperti melalui subsidi biaya transportasi pengiriman jagung dari wilayah produksi ke peternak mandiri agar harga jagung diterima peternak tidak terlalu mahal, maupun melalui subsidi harga. 


"Kami meyakini bahwa ketersediaan jagung cukup untuk memenuhi kebutuhan peternak kita. Selama ini kan tidak ada berita bahwa bahwa ternak ayam layer/ayam potong yang mati kelaparan karena kekurangan jagung atau pakan," katanya.



( Gambar : Kementerian Pertanian / Penulis : Fitri )



Tags : harga jagung hari ini 2020harga jagung hari ini 2021harga jagung hari ini jawa tengahharga jagung hari ini di kediri


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment