Mobile Menu

navigasi

More News

Ini Lokasi Pasar Rakyat yang Jadi Uji Coba Penerapan Aplikasi PeduliLindungi

8:50 PM


Peluang.co.idMenteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat. Hal ini untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengunjung dari penularan COVID-19 sehingga dapat menggerakan ekonomi.


“Ada beberapa pasar rakyat yang akan diuji coba dengan memperhatikan tingkat vaksinasi pedagang dan pengelola pasar rakyat,” ungkap Lutfi dalam keterangannya dilasnir dari Sekretariat Kabinet, Senin (27/9/21).


Berdasarkan usulan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo), uji coba aplikasi PeduliLindungi ini akan diterapkan di sejumlah pasar yaitu Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Baltos (Kota Bandung), Pasar Modern BSD (Kota Tangerang Selatan), Pasar Modern 8 Alam Sutera (Kota Tangerang), dan Pasar Wonodri (Kota Semarang). Keenam pasar tersebut telah mendapat QR Code dari Kementerian Kesehatan.


Lutfi menjelaskan terdapat beberapa pertimbangan pelaksanaan uji coba implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat. Di antaranya, pedagang dan pengelola pasar rakyat sudah tervaksin seratus persen. Selain itu, pasar rakyat telah menerapkan protokol kesehatan sesuai rekomendasi Kemendag.


Pasar rakyat juga harus memiliki akses pintu masuk dan keluar yang dapat dikontrol pengelola, serta memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam penerapan protokol kesehatan dan menyediakan sumber daya manusia (SDM) dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.


“SOP PeduliLindungi sangat penting agar dapat berdampingan dengan COVID-19 karena pandemi ini tidak akan cepat selesai dan kegiatan ekonomi dapat berjalan kembali,” imbuhnya.


Lutfi menambahkan kesuksesan implementasi aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat sangat tergantung pada kesadaran dan peran aktif masyarakat terhadap pengendalian COVID-19 serta kesiapan SDM pengelola pasar rakyat, khususnya dalam sosialisasi, pemeriksaan, dan pemantauan penerapan aplikasi PeduliLindungi.



( Gambar : Reuters / Penulis : Fiti )



Tags : jenis-jenis pasar, fungsi pasar, pasar lokal, pasar tradisional


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment