Mobile Menu

navigasi

More News

Nilai Mata Uang Afghanistan Anjlok Setelah Perang dengan Taliban

2:42 AM


Peluang.co.idNilai mata uang Afghanistan yaitu Afgani dilaporkan anjlok hingga ke level terendah pada minggu ini. Afgani tercatat melemah sebanyak 86 per dolar AS dibandingkan periode pekan lalu sebesar 80.


Nilai mata uang Afgani ini melemah akibat Taliban yang menciptakan kepanikan sehingga pasokan dolar AS semakin berkurang. Kondisi ini dikhawatirkan terus mengganggu perekonomian negara tersebut.


Dilansir dari CNN pada Jumat (20/8/2021), melemahnya mata uang Afghanistan dapat menimbulkan inflasi. Ini disebabkan oleh harga kebutuhan pokok yang akan naik seperti makanan dan membuat warga miskin harus menghadapi kesulitan.


Afghanistan hingga kini sangat bergantung pada bantuan internasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS). Bank Dunia mengungkap sebanyak 75 persen batuan itu berasal dari hibah internasional.


Direktur Strategi Eurasia Group Robert Kahn menyebut pasar di Afghanistan panik akibat kondisi politik yang terjadi saat ini. Ditambah keuangan Afghanistan sangat bergantung pada impor dibandingkan ekspor.


Gubernur Bank Sentral Afghanistan Ajmal Ahmady mengungkapkan pihaknya berupaya untuk melakukan stabilisasi nilai tukar dan mendapat pasokan dolar kembali.


( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : mata uang afganistan tts, mata uang afganistan 2020, mata uang afganistan ke rupiah, nilai mata uang afganistan


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment