Mobile Menu

navigasi

More News

Masih Pandemi, PDB Kuartal II Thailand Menyusut 1,4%

5:55 PM



Peluang.co.idEkonomi Thailand diprediksi tumbuh pada April-Juni dibanding tahun sebelumnya, namun malah menyusut dari kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh pandemi COVID-19 saat ini menghantam konsumsi dan pariwisata yang sudah lemah.


Thailand sangat bergantung pada sektor pariwisata, ekonomi negara ini diperkirakan telah tumbuh 6,4 persen dibanding kuartal II tahun sebelumnya. Dikarenakan tingkat aktivitas yang sangat lemah pada awal tahun akibat pandemi.


Dikutip dari Reuters pada Sabtu (14/8/2021), Produk Domestik Bruto (PDB) menyusut 2,6 persen (yoy) pada kuartal pertama 2021 dan jatuh 12,1 persen pada kuartal kedua 2020.


Dilihat secara kuartal, PDB kemungkinan berkontraksi 1,4 persen pada Juni berdasarkan penyesuaian musiman setelah tumbuh 0,2 persen pada kuartal sebelumnya.


Analis memperkirakan pertumbuhan setahun penuh sebesar 1,0 persen pada tahun 2021. Pada bulan Mei, Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional memperkirakan pertumbuhan PDB 2021 sebesar 1,5-2,5 persen. 


Ekonom Krung Thai Bank Phacharaphot Nuntamas mengatakan dengan ekonomi lemah dan langkah-langkah dukungan fiskal dibatasi oleh pembatasan mobilitas, BOT mungkin harus menyusun strateginya untuk membantu perekonomian.


Bank sentral telah mempertahankan suku bunga utamanya pada rekor terendah 0,50 persen sejak pemotongan terakhir pada Mei 2020.


( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi thailand vs indonesia, keadaan ekonomi thailand brainly, perekonomian negara thailand bertumpu pada, perekonomian vietnam


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment