Mobile Menu

navigasi

More News

Jokowi Lepas Ekspor Komoditas Pertanian dari 17 Pintu

1:55 AM



Peluang.co.idPresiden RI Joko Widodo melepas ekspor komoditas pertanian yang dilakukan secara serentak dari 17 pintu melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah pada Sabtu (14/8/2021).


“Hari ini kita akan lakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekspor, melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Indonesia sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi,” ujar Jokowi dikutip dari Sekretariat Kabinet.


Jokowi juga memberikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian mulai dari hulu hingga hilir yang telah bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional dan meningkatkan ekspor.


Nilai ekspor untuk periode Januari hingga Juli 2021 mencapai Rp 282,86 triliun atau mengalami kenaikan 14,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang bernilai Rp 202,05 triliun.


“Peningkatan ekspor komoditas pertanian ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani juga,” imbuhnya.


Jokowi juga menyambut baik ekspor komoditas pertanian berupa beras dengan negara tujuan Arab Saudi. Namun, ia juga mengingatkan untuk mengutamakan pemenuhan kebutuhan nasional.


“Kalau memang dihitung betul beras kita ini berlebih dan mampu kita ekspor, ya ekspor saja. Tetapi sekali lagi dikalkulasi, dihitung, bahwa benar-benar stok yang ada itu cukup untuk kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu,” tandasnya.


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : jokowi hari ini, berita dunia tentang jokowi, berita jokowi terbaru, jokowi hari ini 2021

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment