Mobile Menu

navigasi

More News

Harga Konsumen Inti Jepang Turun Dalam 12 Bulan Berturut-turut

1:39 AM


Peluang.co.idHarga konsumen inti Jepang turun 0,2 persen pada Juli dari tahun sebelumnya untuk menandai penurunan selama 12 bulan berturut-turut. Ini menjadi pukulan terhadap permintaan dari pandemi COVID-19 menjaga ekonomi di bawah tekanan deflasi.


Analis memperkirakan inflasi konsumen akan stagnan dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini disebabkan oleh Jepang yang memperpanjang keadaan darurat hingga pertengahan September. Ini diperkirakan akan memberi pukulan lebih lanjut untuk pengeluaran rumah tangga yang sudah lemah.


Dikutip dari Reuters pada Jumat (20/8/2021), penurunan indeks harga konsumen inti (CPI) nasional, yang mencakup minyak tetapi tidak termasuk harga makanan segar, lebih kecil dari perkiraan pasar median untuk penurunan 0,4 persen.


Penurunan tersebut sebagian disebabkan oleh perubahan tahun dasar untuk CPI yang memberikan bobot yang lebih berat pada biaya-biaya seluler.


"Perubahan tahun dasar menyeret turun CPI karena penurunan biaya telepon seluler," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.


"Tetapi bahkan tanpa dampak biaya telepon seluler, inflasi konsumen di Jepang jauh di bawah tingkat yang terlihat di Amerika Serikat dan Eropa," katanya.


Indeks inflasi inti adalah yang tidak termasuk harga makanan dan energi dan mirip dengan indeks inti yang digunakan di Amerika Serikat, turun 0,6 persen pada Juli dari tahun sebelumnya.


( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : tulisan jepang, cnn jepang, bahasa jepang, letak astronomis jepang

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment