Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Mulai Tahun Depan Bayar Tol Tanpa Setop Berlaku di Jawa-Bali

Peluang .co.id -  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya berencana akan menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentu...


Peluang.co.idMenteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya berencana akan menerapkan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh berbasis Multilane Free Flow (MLFF). Sehingga nantinya kendaraan membayar tol tanpa setop.


Ia menyampaikan ekosistem pembayaran di jalan tol harus tetap berada dalam kendali operator jalan tol dan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan kinerja operasi jalan tol.


"Untuk itulah saya tetap mendukung pemanfaatan konsep sharing infrastructure dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, yang juga menunjukkan semangat joint control serta instrumen untuk manajemen operasi jalan tol dan keberlanjutan pengusahaan jalan tol," jelasnya dalam webinar ITS Indonesia secara virtual, Kamis (29/7).


Secara keseluruhan sistem bayar tol tanpa setop ini akan terintegrasi pada 2023. Ia mengatakan pihaknya telah menerbangkan beberapa pegawai ke Hungaria untuk mendesain MLFF di Indonesia.


"Ini harus kita terapkan sebelum menerapkan multi lane free flow pada tahun 2023 mendatang. Beberapa staf PUPR baru saja kembali dari Hungaria untuk mendesain MLFF," ujarnya.


Rencananya tahap pertama teknologi MLFF akan diterapkan di 40 ruas tol yang tersebar di Pulau Jawa-Bali pada 2022.


"Diharapkan sistem transaksi nirsentuh MLFF akan 100 persen Go-Live di seluruh jaringan Jalan Tol Indonesia pada tahun 2023," tuturnya.


( Gambar : Jasa Marga / Penulis : Fitri )



Tags : mobil pakai stiker bayar tol, sistem pembayaran tol, tol tanpa tap, bayar tol tanpa stop


Reponsive Ads