Mobile Menu

navigasi

More News

Ini Kata Mahfud MD Soal TKA yang Masuk RI Saat PPKM Darurat

1:00 AM



Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD buka suara soal tenaga kerja asing (TKA) yang beberapa waktu lalu tiba di Indonesia ketika masa PPKM Darurat berlaku.


"Tenaga kerja asing kok masuk ke Indonesia sementara kita dikurung. Oke itu ada dua alasannya. Satu yang tenaga kerja asing yang dulu masuk ke Indonesia yang dipergoki katanya dipergoki oleh seorang anggota DPR itu adalah tenaga kerja yang resmi karena kontrak," jelas Mahfud dqlam keterangan resminya, Sabtu (24/7).


Ia menyebut TKA tersebut telah dikontrak dan masuk sebelum PPKM Darurat diterapkan dan telah melakukan tes PCR swab sebelum berangkat ke Indonesia.


"Sampai di Indonesia dikarantina 8 hari. Nah ketika dia ke bandara itu berbondong 22 orang itu dikatakan itu tenaga kerja ilegal. Padahal itu bagian dari kontrak sebelumnya," tambahnya.


Para TKA ini telah dikontrak untuk mengerjakan salah satu proyek tertentu. Dalam kontrak tersebut tertulis bahwa pekerjanya didatangkan dari negara asal investor tersebut. Namun dalam perjanjiannya setiap satu TKA wajib merekrut 5 sampai 10 tenaga kerja lokal.


"Tapi oke, karena itu ribut maka pemerintah sekarang sudah mengeluarkan keputusan tenaga kerja asing dilarang masuk sekarang ini, ada kontrak atau tidak," tuturnya.


Meski demikian, ia menyebut ada TKA yang tetap diperbolehkan seperti tenaga kesehatan dan diplomat.


"Masa ngga boleh masuk, orang mau ngobatin dari luar negeri yang angkut barang-barang kesehatan, yang mengamankan dan sebagainya. Nah tenaga kesehatan yang diundang seperti itu karena keahliannya itupun kalau ada tentu diberi izin, lalu diplomat," tandasnya.


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : mahfud md menteri apa, mahfud md terkini, mahfud md kami, jabatan mahfud md sekarang


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment