Mobile Menu

navigasi

More News

IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi RI Jadi 3,9 %

9:50 PM



Peluang.co.idDana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021 menjadi 3,9 persen.


Prediksi tersebut lebih rendah 40 basis points (bps) apabila dibandingkan dengan perkiraan edisi April 2021 yang sebesar 4,3 persen.


Indonesia bukan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang proyeksi pertumbuhan ekonomi mengalami revisi. Secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi untuk negara berkembang pun mengalami koreksi sebesar 0,4 persen.


"Sebagian besar pertumbuhan (ekonomi) mengalami koreksi ke bawah untuk ekonomi berkembang di kawasan Asia," kata IMF dalam laporan World Economic Outlook edisi Juni 2021, dikutip Kamis (29/7).


Secara keseluruhan, IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi global sebesar 6 persen untuk tahun ini. Proyeksi itu masih belum berubah dibandingkan dengan proyeksi April lalu. Sedangkan pada 2022, ekonomi global diperkirakan tumbuh 4,9 persen.


"Meski tahun 2021 proyeksi tidak berubah dari April lalu, terdapat revisi yang menjadi penyeimbang antara negara maju dan berkembang. Hal ini menunjukkan perbedaan dari perkembangan pandemi dan pergeseran kebijakan," imbuh IMF.


( Gambar : finclub.net / Penulis : Fitri )



Tags : imf indonesia, sejarah imf, data imf, imf inflation


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment