Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Antisipasi Dampak PPKM Darurat, Pemerintah Siapkan BLT Desa

  Peluang.co.id -  Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2021 diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tun...

 

Peluang.co.idMenteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2021 diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka membantu masyarakat miskin di desa yang terdampak Covid-19. 


Hal ini ia sampaikan dalam Konferensi Pers membahas Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat secara daring, Jumat (2/7).


“BLT Desa juga bisa dibayarkan secara rapel triwulanan dan kebijakan baru ini kita akan sampaikan di bulan Juli ini sehingga dalam pelaksanaan PPKM Darurat masyarakat bisa mendapatkannya" terangnya.


Dilansir dari laman Kementerian Keuangan pada Sabtu (3/7), BLT Desa diberikan kepada target penerima sekitar 8 juta keluarga miskin atau yang tidak mampu dengan besaran Rp300.000 per kelompok penerima perbulan dengan total proyeksi anggaran sebesar Rp28,8 triliun.


Dengan adanya PPKM darurat, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan dipercepat. Anggaran PKH Tahun 2021 Rp28,31 triliun dengan target 10 juta kelompok penerima dan realisasi sampai dengan Q2 adalah Rp13,96 triliun.


Pemerintah juga akan menambah target penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dengan total alokasi Rp15,36 triliun untuk 12,8 juta usaha mikro dengan indeks bantuan Rp1,2 juta bantuan produktif cash. Untuk kuartal 1 dan kuartal 2 baru terealisasi 9,8 juta penerima dengan realisasinya Rp11,76 triliun. 


“Jadi itu adalah dukungan APBN di dalam merespons kondisi covid ini dan terutama dalam mengakselerasi, sehingga dana APBN betul-betul bisa tersalurkan dan tepat waktu," tandasnya. ( Foto : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads