Mobile Menu

navigasi

More News

Menteri Teten Minta UMKM Bangun Produk yang Khas dan Unik

11:30 PM

Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta kepada pelaku UMKM menciptakan produk-produk inovasi berbasis teknologi. Karena, nantinya hanya akan terbentuk satu market saja yakni pasar digital yang merupakan bagian dari ekonomi global.


"Artinya, kita harus mampu membangun produk unggulan kita, sesuai dengan kekhasan dan keunikan tersendiri yang kita miliki," ujar Teten dilansir dari Kemenkop UKM, Sabtu (12/6).


Teten menambahkan disisi lain tren produk dan lifestyle kehidupan masyarakat dunia juga berubah dan berkembang secara cepat dan dinamis. Maka pelaku UMKM harus dapat mengikuti perubahan tersebut. Ia juga berharap UMKM dapat terus bergerak dinamis dan cepat beradaptasi dengan perubahan zaman.


“UMKM harus sudah mulai melakukan research and development agar bisa mengikuti tren produk dunia, tak hanya pasar nasional," tambahnya.


Namun, 99 persen pelaku usaha nasional yang didominasi usaha mikro tersebut, masih berkapasitas produksi rendah. Jadi, hanya sebagian kecil saja yang mampu berjualan di platform e-commerce dan mayoritas masih sebagai reseller saja. 


Teten berharap generasi milenial berjiwa inovasi mampu menyiapkan platform digital bagi UMKM, khususnya bagi usaha mikro. 


“Harus jujur saya katakan, aneka kreativitas seperti itu sangat luar biasa bagi akses pasar usaha mikro di pentas digital marketing," imbuhnya. ( Foto Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment