Mobile Menu

navigasi

More News

Mendagri Tito Minta Belanja APBD Segera Direalisasikan

10:30 PM



Peluang.co.idMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta belanja lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak ditahan hingga akhir tahun dan segera direalisasikan.


Belanja pemerintah ini, karena merupakan belanja utama maka jangan ditahan, harus direalisasikan, dibelanjakan,” ujar Tito dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (15/6).


Ia menyampaikan bahwa APBD harus segara dibelanjakan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Terlebih, uang yang beredar di masyarakat merupakan hasil belanja sektor produktif dan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.


Tito juga meminta agar realisasi penyerapan dilakukan secepatnya dan tidak dilakukan di akhir tahun. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan ekonomi nasional.


“Kalau itu dilakukan, skenario itu (belanja akhir tahun), maka tidak akan bisa membuat ekonomi kita menjadi pulih dan bangkit melesat, sulit, karena belanja pemerintah di masa pandemi ini adalah belanja paling utama,” tegasnya.


Lebih lanjut ia menjelaskan, konsumsi rumah tangga dan belanja masyarakat menjadi kontributor tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi. Lewat dana yang diturunkan pemerintah melalui program kegiatan, diharapkan dapat memicu peredaran uang di masyarakat yang berimplikasi pada peningkatan daya beli dan pertumbuhan ekonomi.


“Kalau seandainya programnya bisa dieksekusi, maka akan terjadi peredaran uang di masyarakat, menstimulasi swasta, dan ini peredaran uang dari pemerintah dan swasta bisa memperkuat konsumsi rumah tangga, daya beli masyarakat, dan ekonomi bisa pulih bisa bangkit bergerak,” terangnya. ( Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment