Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Harga Minyak Dunia Naik Akibat Ancaman Pasokan Iran Surut

Peluang.co.id -  Harga minyak naik pada hari Selasa, dengan Brent naik untuk sesi keempat berturut-turut, karena prospek pasokan tambahan y...


Peluang.co.idHarga minyak naik pada hari Selasa, dengan Brent naik untuk sesi keempat berturut-turut, karena prospek pasokan tambahan yang datang ke pasar ditandai dengan Amerika Serikat kembali bergabung dengan perjanjian nuklir dengan Teheran.


Dilansir dari Reuters pada Rabu (15/6), minyak mentah Brent naik 43 sen, atau 0,6 persen menjadi USD 73,29 per barel. Minyak AS naik 41 sen, atau 0,6 persen, menjadi USD 71,29 per barel, setelah tergelincir 3 sen di sesi sebelumnya.


Diskusi tidak langsung antara Amerika Serikat dan Iran, bersama dengan pihak lain dalam kesepakatan 2015 tentang program nuklir Teheran, dilanjutkan pada hari Sabtu di Wina.


Kembalinya AS ke kesepakatan akan membuka jalan bagi pencabutan sanksi terhadap Iran yang akan memungkinkan anggota OPEC untuk melanjutkan ekspor minyak mentah.


“Tampaknya semakin tidak mungkin bahwa kita akan melihat AS bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir Iran sebelum Pemilihan Presiden Iran akhir pekan ini,” kata ING Economics dalam sebuah catatan.


Anggota lain dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama dengan produsen utama termasuk Rusia - kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ - telah menahan produksi untuk mendukung harga di tengah pandemi.


"Pasokan tambahan dari OPEC+ akan dibutuhkan selama paruh kedua tahun ini, dengan permintaan diperkirakan akan melanjutkan pemulihannya," kata ING.


Produksi minyak mentah AS dari tujuh formasi serpih utama diperkirakan akan naik sekitar 38.000 barel per hari (bph) pada Juli menjadi sekitar 7,8 juta barel per hari, tertinggi sejak November. ( Foto : Reuters / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads