Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenkop UKM Fasilitasi UKM Rempah Untuk Ekspor

10:00 PM

 


Peluang.co.idPemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus mendukung UKM rempah Indonesia agar dapat menjangkau pasar global dengan melakukan ekspor.


Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengungkapkan sejumlah strategi telah disusun untuk percepatan terealisasinya hal tersebut dengan melakukan identifikasi dan pemetaan terhadap rempah-rempah Indonesia. 


“Sejumlah UKM komoditas rempah dipetakan, seperti jahe, kunyit, kapulaga, pala, dan cengkih.  Pelaku UKM rempah ini akan dikurasi untuk mempersiapkan pelaku usaha bermitra dengan buyer atau restoran di luar negeri,” jelasnya dilansir dari Kemenkop UKM, Kamis (24/6). 


Kemenkop UKM juga melakukan pendampingan guna meningkatkan produktivitas seperti melalui pengembangan rumah produksi bersama komoditas  jahe di Kalimantan Timur, kelapa di Sulawesi Utara. 


Kemudian pemanfaatan lahan perhutanan sosial dalam pengembangan komoditas rempah melalui pengelolaan koperasi sebagai offtaker. Dan pendampingan terhadap Packaging, Quality Control, Prosedur Export (Perizinan, Sertifikasi), Pelatihan ekspor. 


Pada tahun 2021, pemerintah ikut berpartisipasi dalam Dubai Expo 2020 sebagai sarana memperluas pasar rempah Indonesia di pasar global. Pada pameran terbesar di dunia tersebut, akan mempertemukan UKM rempah yang telah dilakukan kurasi dan pendampingan dengan buyer potential di kawasan Timur Tengah.  


“Untuk itu, dilakukan seleksi UKM rempah yang potensial yang telah memiliki standarisasi global dan mampu memperluas akses pasar khususnya di pasar Timur Tengah,” tambahnya.


Ada 74 UKM rempah yang telah difasilitasi oleh Kemenkop UKM dari 12 provinsi yaitu Aceh, Bali, Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Babel, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara. ( Foto : Halodoc / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment