Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Jember Berhasil Ekspor Edamame Sebanyak 21 Ton

Peluang.co.id -  Pemerintah mendorong ekspor melalui komoditas unggulan daerah untuk mengakselerasi devisa negara dalam Pemulihan Ekonomi N...


Peluang.co.idPemerintah mendorong ekspor melalui komoditas unggulan daerah untuk mengakselerasi devisa negara dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Jember berhasil mengekspor kacang kedelai atau edamame dengan pengiriman sebanyak 21 ton.


"Pemkab Jember akan menyediakan lahan Pemkab untuk percepatan pelaksanaan program tersebut dan akan memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan," tutur Bupati Jember Hendy Siswanto seperti dikutip dari situs Kemenko Perekonomian, Selasa (8/6).


Permintaan edamame dari mancanegara sangat tinggi, terutama dari negara Jepang, Laos, dan Amerika, akan tetapi saat ini masih belum bisa terpenuhi karena keterbatasan bahan baku.


Ekspor edamame tersebut ditujukan ke pasar Jepang dan dilakukan oleh PT Austindo Nusantara Jaya melalui anak usahanya PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) pada akhir bulan April yang lalu melalui Kerja Sama Operasional (KSO).


Kedelai edamame Jember sangat digemari di negara Jepang karena karakteristik rasa dan bentuknya yang lebih baik daripada negara kompetitor. Jepang sebagai negara tujuan ekspor sangat memperhatikan food safety (keamanan pangan) dan food quality (mutu pangan).


"Capaian ekspor edamame yang telah berjalan dengan baik ini, diharapkan dapat ditingkatkan setiap tahunnya melalui kerja sama kemitraan yang telah dijalin antara PT GMIT dengan petani binaan dalam bentuk KSO (Kerja Sama Operasional)," tutur Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Hortikultura Kemenko Perekonomian Yuli Sri Wilanti. ( Foto : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads