Mobile Menu

navigasi

More News

Ingatkan Perintah Jokowi, Luhut Minta Tidak Ada Impor

2:40 AM


Peluang.co.id Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan kembali terkait perintah Presiden Joko Widodo agar tidak ada lagi impor barang sesuai dengan program Gerakan Bangga Buatan Indonesia.


"Presiden sudah memerintahkan tidak ada impor barang-barang seperti ini," ujar Luhut ketika hadir dalam Konferensi Pers bertajuk 'Upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) Bidang Alat Kesehatan' secara virtual, Selasa (15/6).


Hingga Juni 2021, pemesanan alat kesehatan dalam negeri hanya sebesar Rp 2,9 triliun, sedangkan alat kesehatan impor lima kali lebih besar yaitu Rp 12,5 triliun melalui e-katalog.


"Presiden sudah memberikan arahan kita akan kemarin pas saya menghadap beliau sore dengan mewakili Menteri Kesehatan dan menteri BUMN dan Wakil Menteri Keuangan untuk penggunaan lebih banyak lagi produk-produk dalam negeri,” jelasnya.


Luhut meminta agar dibuat kebijakan terkait larangan impor untuk alat kesehatan. Seperti Amerika Serikat yang telah memiliki aturan terkait larangan impor alat kesehatan. Kebutuhan alat kesehatan tersebut akan diproduksi oleh negara.


"Jadi kita Indonesia sendiri harus juga mengarah kesitu, jadi nanti di LKPP juga eloknya sudah mulai memperhatikannya karena Presiden sudah minta juga ada perbaikan mengenai undang-undang kita mengenai Alkes," paparnya.


Luhut juga meminta kepada para importir untuk mulai membangun pabrik dan menjadi produsen di dalam negeri agar tidak ada lagi kegiatan impor. ( Foto : Kemenko Kemaritiman dan Investasi / Penulis : Fitri )



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment