Mobile Menu

navigasi

More News

April 2021, Utang Luar Negeri Indonesia Capai USD 418 Miliar

1:30 AM


Peluang.co.idBank Indonesia mengungkapkan bahwa Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada April 2021 tumbuh melambat. Posisi ULN Indonesia pada akhir April 2021 sebesar USD 418,0 miliar atau tumbuh 4,8 persen (yoy).


Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,2% (yoy). Perkembangan tersebut didorong oleh perlambatan pertumbuhan posisi ULN Pemerintah dan ULN Swasta.


"ULN Pemerintah bulan April 2021 tumbuh lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya," ujar Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangan tertulis dilansir dari Bank Indonesia, Rabu (16/6).


Apabila dilihat secara tahunan, ULN pemerintah pada April 2021 tumbuh 8,6 persen, melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Maret 2021 sebesar 12,6 persen (yoy). 


Meskipun begitu ULN pemerintah pada April 2021 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 37,9 persen, menurun dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 39,1 persen.


ULN Indonesia mengalami pertumbuhan pada bulan April 2021 seiring dengan penarikan neto pinjaman luar negeri. Neto tersebut yang digunakan dalam mendukung pembiayaan program dan proyek, diantaranya program inklusi keuangan. 


Di samping itu, sentimen positif kepercayaan pelaku pasar global yang tetap terjaga, mendorong investor asing kembali menempatkan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik. ( Foto : Danum.id / Penulis : Fitri)


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment