Mobile Menu

navigasi

More News

Trenggono Pastikan Kejerahteraan Nelayan Lewat Program PNPB Pascaproduksi

12:30 AM


Peluang.co.idMenteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa hasil dari program prioritas peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan digunakan untuk perbaikan sektor perikanan tangkap secara nasional.


Hal ini ia sampaikan ketika bertemu dengan perwakilan nelayan Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang tergabung dalam Paguyuban MitraNelayan Sejahtera di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Jumat 21 Mei 2021.


"Hasil peningkatan PNBP itu untuk membantu bapak-bapak nelayan sebagian, sebagian lagi untuk nelayan tradisional, dan sebagian lagi untuk infrastruktur dan teknologi," jelas Trenggono dilansir pada Sabtu (22/5).


Sebelumnya, para nelayan sempat menolak adanya aturan pembayaran PNBP pasca-produksi karena dianggap memberatkan nelayan. Pembayaran PNBP Pasca-Produksi sejauh ini belum diterapkan.


Trenggono juga mengungkapkan beberapa alasan program tersebut akhirnya dibentuk. Seperti dari data nilai produksi perikanan tangkap yang tidak sebanding dengan jumlah penerimaan negara. Jumlah yang ditangkap setiap tahun mencapai ratusan triliun sedangkan yang diterima negara hanya ratusan miliar.


Selain itu kondisi infrastruktur pelabuhan yang harus diperbaiki tetapi anggaran yang dimiliki sangat minim.


Kemudian belum meratanya kesejahteraan nelayan di Indonesia, maka program pembayaran PNBP pasca-produksi dinilai dapat menjadi solusi untuk mengentaskan persoalan yang ada. ( Sumber & Foto : Kementerian Kelautan dan Perikanan / Penulis : Fitri )



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment