Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Sandiaga Uno Ungkap Strategi Tingkatkan Daya Saing Ekraf

Peluang.co.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan tiga strategi Kemenparekraf dalam meningkatkan daya sain...


Peluang.co.idMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan tiga strategi Kemenparekraf dalam meningkatkan daya saing untuk para pelaku ekonomi kreatif, khususnya di Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19 dan perlambatan ekonomi.


“Pertama adalah peningkatan keterampilan. Apa yang kita dengar dari para pelaku jelas, kita harus memastikan bahwa Kemenparekraf memberikan keterampilan yang diperlukan untuk era baru dari segi pemasaran ekonomi kreatif berbasis online sampai ke pembuatan konten,” jelas Sandiaga dilansir dari pada Sabtu (22/5).


Kedua yaitu menyiapkan program berbasis keadilan. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus mampu memberi solusi seperti dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Sehingga bisa memberi peluang usaha dan lapangan pekerjaan.


“Yang ketiga adalah menyiapkan bantuan-bantuan yang tepat sasaran. Tidak boleh kita lengah karena sebentar lagi akan diluncurkan dana hibah pariwisata. Kita akan memastikan dana hibah pariwisata maupun bantuan-bantuan lain dan program-program lain dari Kemenparekraf itu menyasar pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” terangnya.


Kemenparekraf dalam waktu dekat juga akan meluncurkan dana hibah pariwisata. Hal ini mempertimbangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang luas, dimana 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor ini.


Sebanyak 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia bergerak di industri UMKM, dan 70 persen pelaku UMKM atau artisan tersebut bergerak di bidang parekraf.


“Bagaimana sekarang pariwisata dan ekonomi kreatif itu tidak eksklusif tapi justru hadir untuk masyarakat yang selama ini tertekan oleh pandemi Covid-19. Selain itu, Kemenparekraf juga membuka peluang bagi para pelaku ekonomi kreatif pemula, yang baru memulai usahanya,” imbuhnya. ( Sumber & Foto : Kemenparekraf / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads