Mobile Menu

navigasi

More News

Kemnaker Mengantisipasi Urbanisasi Pasca Lebaran

9:30 PM


Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan kota-kota besar masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja. Tetapi mayoritas dari mereka yang datang dari desa ke kota tidak mempunyai keterampilan kerja yang mumpuni.


“Kita ketahui bersama bahwa tiap tahun fenomena urbanisasi terjadi. Dan kita tidak ingin urbanisasi menimbulkan masalah baru karena ketiadaannya keterampilan pekerja yang dibutuhkan pasar kerja,” jelas Ida dilansir pada Senin (24/5).


Menaker Ida menjelakan pemerintah pusat ataupun daerah tidak menghendaki urbanisasi yang tiap tahun terjadi karena hanya menimbulkan masalah baru, seperti meningkatnya angka pengangguran. 


Kemnaker memiliki sejumlah program peningkatan kompetensi yang telah digulirkan dan dijalankan seperti pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK), pelatihan peningkatan produktivitas, sertifikasi kompetensi, dan bursa kerja online (job fair). 


“Melalui berbagai program ini, kami inginkan agar masyarakat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri yang ada di daerah masing-masing, sehingga tidak perlu mencari pekerjaan ke kota-kota besar,” terangnya.


Menaker Ida menuturkan beragam program tersebut tidak hanya bertujuan agar masyarakat menjadi pekerja di perusahaan, tetapi juga menjadi wirausahawan, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan yang baru. ( Sumber & Foto : Kementerian Ketenagakerjaan / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment