Mobile Menu

navigasi

More News

Ragam Jenis Bisnis Plan yang Perlu Diketahui

1:05 AM


Peluang.co.id - Bisnis plan atau Business plan merupakan sebuah dokumen tertulis yang menggambarkan sifat bisnis yang akan dijalani. Dokumen tersebut berisi strategi penjualan dan strategi pemasaran bisnis secara detail. Disamping itu juga harus memuat kondisi keuangan meluputi pendapatan dan pengeluaran selama menjalankan bisnis tersebut.


Dilansir dari Accurate pada Kamis (6/4), tujuan dibuatnya bisnis plan yaitu sebagai arahan mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang dihadapi ketika menjalani bisnis tersebut. Berikut ini beberapa jenis bisnis plan yang perlu kamu ketahui :


1. Start-Up Business Plan 

Bisnis plan yang satu ini akan menjelaskan mengenai perusahaan yang akan didirikan. Bisnis plan ini mempunyai produk atau jasa yang nantinya akan ditawarkan kepada konsumen, evaluasi kompetitor, evaluasi pasar, tim marketing, risiko, dan sistem manajemen usaha tersebut.


2. Strategis Business Plan

Strategis business plan ini berisi dokumen yang lebih detail daripada bisnis plan sebelumnya. Dokumen tersebut harus berisi hal yang rinci mengenai tujuan atau objektif yang akan diraih oleh perusahaan. Biasanya juga berisi visi misi perusahaan, faktor kritis, strategi untuk meraih tujuan dan jadwal strategi perusahaan akan diterapkan.


3. Operations Business

Jenis bisnis plan ini biasanya dibuat khusus untuk pihak internal perusahaan saja. Dokumen ini akan memuat rencana dan aturan mengenai jalannya perusahaan. Dokumen ini juga akan berisi berbagai tanggung jawab untuk setiap orang yang terlibat dalam perusahaan.


4. Development Busisness Plan

Development business plan akan menjelaskan terkait bisnis yang akan dibangun. Dokumen ini akan memuat kelengkapan terkait organisasi perusahaan, administrasi, dan tanggung jawab yang dimiliki oleh setiap karyawan perusahaan. Dokumen ini dapat digunakan baik untuk puhak internal atau eksternal perusahaan. ( Foto : Fastwork.id / Penulis : Fitri )



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment