Mobile Menu

navigasi

More News

Menhub Prediksi 3,6 Juta Pemudik Akan Kembali ke Jakarta

2:00 AM


Peluang.co.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya memprediksi akan ada 3,6 juta pemudik yang akan kembali ke ibu kota Jakarta pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1442 H.


Hal tersebut ia sampaikan setelah menghadiri Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan pada Senin (10/5).


"Dari catatan kami ada 22 persen yang akan balik pada hari Minggu H+2, itu kalau dikuantifikasi kira-kira 3,6 juta (pemudik), suatu jumlah yang banyak," ungkap Menhub Budi.


Dalam kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa sejak tanggal 6 hingga 9 Mei telah terjadi penurunan pergerakan penumpang baik di angkutan udara, laut, darat, maupun kereta api.


"Kalau dari normal itu di (angkutan) udara penurunan sampai 93 persen, kalau di laut dan kereta api kira-kira 90 persen, di darat memang sedikit penurunan kira-kira 40 persen," jelasnya.


Menhub Budi juga menuturkan bahwa pergerakan arus barang atau logistik yang tidak dibatasi juga turun sebanyak 3-5 persen.


Budi Karya juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan pemudik pada H-2 dan H-1 Idul Fitri.


"Dari pantauan yang dilihat dari survei kami, bahwa mudik ini masih bisa terjadi lagi tinggi mungkin besok dan luasa. Oleh karenanya, kami mengimbau untuk tetap tidak melakukan mudik karena itu akan lebih baik," paparnya. ( Sumber : Sekretariat Kabinet / Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment