Mobile Menu

navigasi

More News

Kinerja Penerimaan Perpajakan Mulai Pulih

1:00 AM


Peluang.co.idMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan penerimaan perpajakan mulai membaik didukung perbaikan sebagian sektor, baik dari penerimaan pajak, penerimaan bea dan cukai, serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


Hal tersebut ia sampaikan ketika menghadiri Konferensi Pers APBN KITA yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (25/5).


"PNBP kita sudah mencapai 44 persen dari target APBN atau penerimaannya mencapai Rp131,3 triliun terutama karena sumber daya alam non migas," jelas Sri Mulyani. 


Untuk PPh Badan dan PPN Impor mampu tumbuh dua digit pada bulan April 2021 lalu yaitu sebesar 28,3 persen dan 10 persen. PPh Badan tumbuh ditopang oleh PPh tahunan yang melonjak akibat menurunnya kredit pajak karena pemanfaatan insentif fiskal, pembebasan PPh 22 impor, dan pengurangan angsuran PPh 25 tahun sebelumnya.


Menurutnya, kondisi perusahaan relatif lebih baik sehingga pembayaran PPh Badan meningkat pada bulan April lalu. PPN impor tumbuh positif seiring adanya geliat dari dunia usaha di dalam negeri untuk mulai melakukan kegiatan usahanya. 


"PPN dalam negeri menunjukkan perbaikan yang konsisten tumbuh positif, dan kalau kita lihat seluruh sektor menunjukkan perbaikan, ini sesuatu yang cukup baik pada bulan April," tambahnya. 


Adapun bea cukai yang mengalami kenaikan penerimaan 36,6 persen dari target APBN atau tumbuh 36,5 persen dari tahun lalu, dengan setoran Rp 8,7 triliun. ( Sumber & Foto : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment