Mobile Menu

navigasi

More News

Gojek dan Tokopedia Merger Menjadi GoTo

8:47 PM


Peluang.co.id - Perusahaan ride-hailing dan pembayaran Indonesia, Gojek dan e-commerce Tokopedia bekerja sama untuk menciptakan perusahaan teknologi multi-miliar dolar bernama GoTo.


Kerja sama yang terjalin ini nantinya akan menjangkau belanja online, layanan kurir, pemesanan kendaraan, pengiriman makanan, dan layanan lainnya. 


Dilansir dari Reuters pada Selasa (18/5), Eksekutif perusahaan mengatakan GoTo rencananya akan didaftarkan di Indonesia dan Amerika Serikat pada akhir tahun ini. 


Saat ini GoTo sedang mencari pendanaan pra-IPO yang kemungkinan dapat mengumpulkan sekitar USD 2 miliar diikuti oleh pasar publik dengan potensi penilaian sekitar USD 40 miliar untuk grup tersebut.


Penggabungan Gojek dan Tokopedia ini masing-masing didukung oleh investor kelas global. Kerja sama ini terjalin di tengah lonjakan persaingan di pasar ride-hailing dan pengatar makanan di Asia Tenggara.


Pembatasan mobilitas masyarakat untuk tetap di rumah akibat pandemi telah memicu permintaan pengiriman makanan, e-commerce, dan pembayaran elektronik meningkat.


"GoTo masih harus menghadapi persaingan ketat dari pesaing regional yang lebih besar, Shopee dan Grab, untuk menopang komitmen investasi jangka panjang ke Indonesia," ujar CEO dari venture outfit Momentum Works Jianggan Li.


Investor terbesar GoTo meliputi Alibaba Group Holding, SoftBank Group Corp, GIC sovereign wealth fund Singapura, Alphabet's Google, dan Tencent Holdings.


Sumber mengatakan pemegang saham Gojek akan memiliki 58 persen saham perusahaan induk. Dan sisanya dipegang oleh investor Tokopedia. ( Foto : Reuters / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment