Mobile Menu

navigasi

More News

Cara Membuat Bisnis Plan

1:30 AM


Peluang.co.id - Bisnis plan atau business plan merupakan suatu dokumen tertulis yang memuat sifat bisnis. Dokumen ini juga mesti memuat strategi penjualan dan pemasaran rinci, kondisi keuangan, dan pendapatan serta pengeluaran selama menjalankan bisnis.


Melansir dari Accurate pada Sabtu (8/5), berikut ini cara membuat bisnis plan yang dapat kamu pelajari :


1. Melakukan Riset Sebelum Membuat Bisnis Plan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu siapkan pertanyaan yang akan membantu kamu dalam menentukan produk yang terbaik. Tanya pada diri sendiri mengenai unique selling point dari produk yang akan dijual. Analisa pasar juga perlu dilakukan untuk menyusun strategi bisnis. Riset pasar dapat membantu kamu untuk menentukan tujuan perusahaan di masa depan.


2. Buatlah Company Profile

Bisnis plan juga perlu memiliki informasi lengkap mengenai perusahaan secara rinci. Buatlah company profile yang berisi nama perusahaan, alamat kantor, nama direksi atau komisaris, sejarah terbentuknya perusahaan, bidang industri, dan produk yang ditawarkan pada konsumen. Company profile akan lebih bagus apabila juga memuat visi dan misi serta target perusahaan.


3. Tentukan Tujuan Bisnis 

Bisnis plan juga perlu memuat tujuan bisnis yang mampu membuat calon investor atau pihak stakeholder dalam memahami tujuan yang akan diraih perusahaan. Kamu juga perlu melengkapi langkah bagaimana meraih tujuan tersebut. 


4. Siapkan Seluruh Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan kamu juga perlu melengkapi company profile seperti catatan laporan keuangan, arus kas, lisensi, dan lainnya. Dokumen akan menjadi perhatian untuk para investor sebelum menanamkan modalnya.


5. Buatlah Marketing Plan

Kamu juga perlu menyusun rencana pemasaran yang matang untuk bisnis yang akan dijalani nantinya. Untuk marketing plan kamu perlu melampirkan latar belakang proyek, visi dan misi, pernyataan masalah, tujuan dan objektif yang ingin diraih dan target konsumen. ( Foto : Akun.biz / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment