Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Airlangga Prediksi Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Capai 7%

Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis pemulihan ekonomi nasional akan terus menunjukkan tren ...


Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis pemulihan ekonomi nasional akan terus menunjukkan tren positif. Ia memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 dapat mencapai 7 persen.


"Perekonomian kita tumbuh V-curve. Kita berharap bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal II akan masuk ke jalur positif dan diperkirakan bisa mencapai 7 persen," ucap Airlangga dilansir dari Sekretariat Kabinet, Senin (17/5).


Airlangga menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator seperti PMI Manufaktur dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).


"PMI sudah mencapai 54,6. Indeks Keyakinan Konsumen juga sudah mendekati ke angka normal, indeksnya di angka 90-an menuju 100," jelas Airlangga.


Sama halnya dengan perkembangan ekspor dan impor yang mulai kembali pulih. Begitu juga dengan belanja pemerintah yang sudah berada pada jalur positif.


"Beberapa sektor, apakah itu informasi dan komunikasi, jasa kesehatan, kemudian pertanian, dan sektor properti maupun industri dengan adanya PPnBM dan PPN Ditanggung Pemerintah ini sudah ke arah yang positif dan terjadi kenaikan yang cukup tinggi," terangnya.


Pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera tercatat tercatat sudah mendekati positif yaitu minus 0,86 persen. Untuk Pulau Jawa tercatat minus 0,83 persen dan Pulau Kalimantan minus 2,23 persen. Disisi lain, sebagian pulau di Indonesia bagian tengah dan timur juga menunjukkan pertumbuhan yang positif.


"Sulawesi sudah positif 1,2 persen, bahkan di Maluku dan Papua ssudah 8,97 (persen). Tentunya ini didorong oleh harga-harga komoditas baik itu sawit, karet, nikel, copper, dan batu bara," kata Airlangga. ( Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )

Reponsive Ads