Mobile Menu

navigasi

More News

Sandiaga Janjikan UMKM Bisa Pakai HAKI Sebagai Jaminan Modal Usaha

1:19 AM


Peluang.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa aturan pelaksana turunan untuk membuat rencana pembiayaan berbasis Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sedang dirancang.

Sandiaga mengatakan nantinya pelaku usaha ekonomi kreatif dapat menungganakan hak kekayaan intelektual sebagai jaminan untuk modal usaha. Hal ini ia sampaikan dalam webinar DJKI Kemenkumham yang diselenggarakan pada Senin (26/4).

"Saat ini kami sedang siapkan rancangan peraturan pemerintah untuk pelaksanaan UU Ekonomi Kreatif di tahun 2019 yang secara khusus mengatur skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga mengatakan bahwa nantinya aturan tersebut dapat mempermudah para pelaku usaha ekonomi kreatif terutama UMKM agar bisa mendapat modal usaha. Sehingga para pelaku usaha sudah tidak perlu lagi menggunakan aset pentingnya sebagai jaminan.

"Ini akan memudahkan UMKM sehingga tak perlu lagi jaminan tambahan, tak perlu jaminan bangunan dan sebagainya," imbuhnya.

Kemenparekraf juga telah melakukan pendaftaran hak kekayaan intelektual secara gratis kepada delapan ribu lebih UMKM di sektor ekonomi kreatif. Ia juga menuturkan akan terus mendampingi pelaku usaha ekonomi kreatif agar dapat memperoleh sertifikasi hak kekayaan intelektual.

"Kita akan beri akses kemudahan buat UMKM mendaftar produk ekonomi kreatifnya ke hak kekayaan intelektual," tuturnya. ( Sumber : Youtube DJKI Kemenkumham / Sumber Foto : Instagram @sandiuno / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment