Mobile Menu

navigasi

More News

BI Siapkan Uang Sebesar Rp 152,14 T untuk Ramadhan dan Lebaran

12:20 AM


Peluang.co.id - Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim mengungkapkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan dan Lebaran, Bank Indonesia telah menyaipkan uang kartal sebesar Rp 152,14 triliun.

"BI menyiapkan uang kartal, baik uang kertas maupun logam sebesar Rp 152,14 triliun. Ini untuk didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia," kata Marlison dikutip dari Bisnis.com, Rabu (14/4).

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya realisasi penyaluran uang kartal senilai Rp 109,2 triliun dan pada tahun ini naik sebesar 39,33 persen.

Uang kartal Rp 152,14 triliun tersebut terdiri dari 90,07 persen berupa pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 sebanyak Rp 137 triliun dan sisanya terdiri dari uang pecahan Rp 20.000 ke bawah.

Kenaikan proyeksi uang kartal disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut yaitu kondisi ekonomi nasional yang mulai membaik, cepatnya penyaluran bantuan sosial tunai dan program vaksinasi yang meningkatkan mobilitas masyarakat.

"Kita memeperhatikan kebijakan pemerintah khususnya realisasi percepatan bansos tunai menjelang Idul Fitri. Kemudian kita lihat bagaimana kebijakan program vaksinasi yang mempengaruhi tingkat mobilitas masyarakat. Tingkat mobilitas makin tinggi maka kebutuhan uang kartal makin tinggi," kata Marlison.

Pulau Jawa menjadi wilayah yang kebutuhan uang kuartalnya terbesar yaitu lebih dari Rp 60 triliun dari jumlah uang kartal yang disiapkan pada bulan Ramadhan dan Lebaran. ( Sumber Foto : Indonesia.co.id / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment