Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Teknologi Terkini

latest

Kerjasama

www.uhamka.ac.id/reg

Jokowi Resmikan SPAM Umbulan di Jawa Timur

Peluang.co.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur hari ini (22/3). ...

Peluang.co.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur hari ini (22/3).

Seperti yang diketahui proyek ini sudah direncanakan sejak tahun 1973 silam. Proyek ini sempat mandek sebelum akhirnya diresmikan. Proyek ini dilakukan Groundbreaking pada 2017 silam dan dilakukan oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden.

SPAM Umbulan sendiri dapat mengalirkan air bersih hingga 4.000 liter per detik. Namun baru bisa mengalirkan 900 liter per detik. Proyek ini telah menghabiskan dana Rp 2,056 triliun dengan skema kerja sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dilansir dari Detik Finance (22/3), Jokowi menegaskan jangan sampai proyek yang sudah memakan biaya besar tidak dimanfaat secara optimal. Disisi lain, masih ada 80 persen pipa utama yang belum terselesaikan sampai masuk ke pipa rumah tangga.

Jokowi yang meresmikan langsung SPAM Umbulan ini menghimbau agar semua pihak terkait segera menggelar rapat untuk menyelesaikan masalah yang ada pada minggu ini. 

Jokowi menambahkan agar proyek ini bisa dirampungkan secept mungkin. Hal ini agar skema kerja sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau PPP bisa digunakan oleh masyarakat secara optimal. ( Sumber : Detikfinance.com / Sumber Foto : Bisnis.com / Penulis : Fitri ) 

www.uhamka.ac.id/reg