Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Menteri Teten Minta Kadin Perkuat Kemitraan UMKM

Menteri Teten Minta Kadin Perkuat Kemitraan UMKM  Peluang.co.id -  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Kamar Dagang dan Industr...

Menteri Teten Minta Kadin Perkuat Kemitraan UMKM 


Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk memperkuat kemitraan, sinergi, dan kolaborasi antara usaha kecil (UMKM) dengan usaha besar dalam rantai pasok industri.


"Usaha kecil dan besar harus terintegrasi, bukan bersaing. Kita harus belajar dengan Jepang, Korea Selatan, dan China. UMKM-nya menjadi bagian rantai pasok industri, mulai dari hulunya. Bahkan, di Jepang, UMKM menyediakan komponen otomotifnya," ungkap Teten dilansir dari situs Kemenkop UKM, Kamis (9/12/21).


Teten berharap UMKM ke depan juga harus terhubung ke dalam rantai nilai industri dalam negeri dan global. "Kita sudah menyiapkan UMKM agar masuk ke rantai nilai industri dengan melakukan piloting bersama 9 BUMN," imbuhnya. 


Lebih lanjut, Teten menyebut pihaknya terus menggulirkan aneka program dalam pengembangan UMKM agar memiliki daya saing, tak sekadar untuk bertahan hidup.


"Kita harus mengurangi jumlah usaha mikro dengan cara scalling-up ke sektor formal. Dalam hal ini, Pemda harus besarkan usaha mikro dengan pengembangan produk unggulan dan khas daerah masing-masing," tegasnya.


Teten mengakui gap antara usaha kecil dan besar terlalu besar. Pelaku usaha mikro dan kecil kalah dalam hal akses pembiayaan, SDM, hingga proses produksi yang belum modern. Sehingga, lapangan kerja yang tercipta pun kurang berkualitas dan tidak berdaya saing. Dimana sekitar 97% penyerapan tenaga kerja Indonesia ada di sektor informal. 


"Oleh karena itu, kita akan terus bangun UMKM agar lebih produktif," kata Teten.



( Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : daftar ukm di indonesiaumkm adalahe-form kemenkop ukmdaftar online umkm


ADS