Mobile Menu

navigasi

More News

Kemnaker Terbitkan SKKNI Untuk Pekerja Kecantikan Hingga Pemandu Karaoke

8:06 PM

Kemnaker Terbitkan SKKNI Untuk Pekerja Kecantikan Hingga Pemandu Karaoke


Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan Kemnaker meluncurkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kecantikan, SPA dan Pemandu Karaoke. 


Menurutnya pemerintah memerlukan SDM/tenaga kerja yang kompeten di berbagai daerah, termasuk di bidang kecantikan, Spa dan pemandu karaoke sebagai upaya mendorong lima destinasi wisata super prioritas.


"Kita ingin membangun SDM/tenaga kerja kompeten bidang pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk bidang  kecantikan, Spa dan pemandu karaoke yang mampu berkompetisi secara global," ujar Ida dilansir dari situs Kemnaker, Kamis (9/12/21).


Ida menyampaikan kompetensi di bidang kecantikan atau Spa, akan semakin beragam dan sangat kaya karena juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain. Contohnya keragaman rias pengantin dan Spa tradisional dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing-masing (batak, madura, bali, bugis, jawa, dll). 


"Hal ini merupakan potensi besar yang harus kita manfaatkan untuk membangkitkan kembali pariwisata kita, tentunya dengan penyediaan SDM yang berkualitas untuk menopang potensi tersebut, " imbuhnya.


Untuk bisa menyediakan SDM yang kompeten dan berkualitas tersebut, SKKNI berperan untuk memberikan gambaran kompetensi-kompetensi, yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja (soft skills) di setiap bidang pekerjaan yang ada. 


"Saya berharap dengan adanya SKKNI, nantinya dapat dilanjutkan untuk sertifikasi bagi SDM/tenaga kerja yang kompeten, yang juga nantinya dapat menjadi jaminan bagi pengguna jasa bahwa mereka mendapatkan pelayanan dari tenaga kerja kompeten dan teruji dengan standar yang jelas," tandasnya.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : skkni kemnaker 2021, download skkni 2021, skkni 2020, skkni perhotelan 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment