Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenperin Ungkap Sertifikasi TKDN Lampaui Target

8:13 PM

Kemenperin Ungkap Sertifikasi TKDN Lampaui Target


Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) memberikan dampak besar terhadap produktivitas dan daya saing industri.


Seperti pada industri hulu migas, berkat sertifikasi TKDN, sektor industri kecil dan menengah (IKM)telah menghasilkan total nilai kontrak hingga lebih dari Rp11 triliun sepanjang tahun 2020-2021.


“Untuk meningkatkan nilai TKDN, Kementerian Perindustrian melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), telah memberikan sebanyak 9.470 sertifikat gratis hingga 10 Desember 2021. Jumlah tersebut akan terus berkembang hingga 31 Desember 2021,” kata Agus dikutip dari Kemenperin, Senin (20/12/21).


Agus mengungkapkan bahwa jumlah fasilitasi tersebut telah melampaui target yang ditetapkan sebanyak 9.000 sertifikat secara gratis. Disamping itu melalui APBN, pemerintah juga telah memberikan fasilitas sertifikasi TKDN sebanyak 371 produk pada 10 Desember 2021.


"Ini pun telah melampaui target dari 314 produk. Sehingga total sertifikat TKDN telah diberikan untuk 9.841 produk hingga 10 Desember 2021,” imbuhnya.


Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo juga menambahkan jumlah produk dalam negeri yang memiliki nilai TKDN di atas 40% mencapai 10.061 produk, termasuk kategori barang wajib. 


“Kemenperin terus melakukan pengawasan pada berbagai aspek untuk mewujudkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang tetap berjalan sesuai dengan aturannya,” katanya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : database tkdnp3dn tkdnperaturan tkdncontoh sertifikat tkdn



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment