Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Kemenperin Dukung IKM Gula Palma Terapkan Industri 4.0

Kemenperin Dukung IKM Gula Palma Terapkan Industri 4.0 Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal ...

Kemenperin Dukung IKM Gula Palma Terapkan Industri 4.0


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) terus mendukung penerapan transformasi industri 4.0 bagi industri kecil dan menengah (IKM) gula palma.


“Rantai pasok gula palma yang cukup panjang, mulai dari penderes, perajin, hingga eksportir mampu menyerap banyak tenaga kerja, yang akan berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan perekonomian di daerah.” ucap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari situs Kemenperin, Rabu (8/12/21).


Gula palma merupakan salah satu komoditas unggulan yang dihasilkan oleh IKM. Ekspor produk berbahan dasar nira kelapa/gula aren/gula siwalan tersebut mencapai 36,5 ribu ton dengan nilai USD 49,3 juta pada 2019, dan meningkat menjadi 39,4 ribu ton dengan nilai USD 63,5 juta di 2020.


Belum lama ini, Menperin Agus juga melakukan dialog dengan KSU Nira Satria yang diketuai oleh Nartam Andrea Nusa. IKM produsen gula palma tersebut sudah menerapkan sistem industri 4.0 pada proses produksinya. 


“Meningkatnya produktivitas dan daya saing IKM mamin (makanan dan minuman) yang didukung dengan penerapan teknologi menunjukkan bahwa industri 4.0 idak mengeliminasi lapangan kerja. Di sini, proses pembinaan dan pembelajaran pun berjalan beriringan,” ujar Menperin.


Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita menjelaskan, implementasi industri 4.0 pada unit usaha gula palma meningkatkan traceability produk gula palma dari level pengepul ke IKM/koperasi. 


“Diharapkan nantinya KSU Nira Satria dapat menjadi pilot project penerapan industry 4.0 tidak hanya pada industri gula palma tetapi juga pada agroindustri lainnya yang memiliki rantai pasok panjang dengan pendekatan sentra IKM,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : ikm dan ukm, ikma adalah, daftar ikm, bantuan ikm


ADS