Mobile Menu

navigasi

More News

Teten Dorong Budidaya Lobster Jadi Produk Unggulan Lombok

11:05 PM

Teten Dorong Budidaya Lobster Jadi Produk Unggulan Lombok 


Peluang.co.idMenteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menagatakan Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki potensi lokal seperti budidaya lobster atau ternak sarang burung walet dapat digarap sebagai produk unggulan daerah.


"Kita harus fokus pada teknik, pakan, jaring dengan melibatkan perguruan tinggi dan sebagainya. Kita juga harus berani fokus mengembangkan SDM dan infrastruktur. Jadi sekarang fokus saja kalau mau budidaya lobster maka lobster dulu mulai dari infrastruktur dan pengembangan koperasi," kata Teten di Lombok Timur, NTB, dilansir dari situs Kemenkop UKM, Senin (22/11/2021).


Upaya dari pemerintah sendiri yakni sudah ada MoU antara Menteri Koperasi dan UKM dengan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk memperkuat sektor perikanan yang berbasis koperasi. 


"Sehingga tidak ada lagi nelayan, petambak, dan lain sebagainya yang dalam bentuk usaha sendiri-sendiri dalam skala non ekonomi. Kita akan konsolidasi dalam bentuk koperasi," ujar Teten. 


Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmi mengatakan pihaknya telah fokus untuk melakukan revitalisasi kawasan dan pengembangan budidaya lobster. Ia menjelaskan, APBD Perubahan 2021 pemerintah daerah Lombok Timur telah menyiapkan dana sekitar Rp3 miliar untuk perubahan dan renovasi Teluk Ekas, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Kemudian dilanjutkan pada RAPBD tahun 2022 sekitar Rp8 miliar ditambah dengan pembelian lahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sekitar 3 hektare sebagai aset pemerintah pusat di Pemda Lombok Timur. 


"Teluk Ekas ini merupakan penghasil lobster terbaik di Indonesia karena itulah KKP akan memberikan pinjaman dari luar negeri untuk penataan Teluk Ekas sekitar Rp750 miliar. Alhamdulillah semoga menjadi berkah," ujar Sukiman. 



( Gambar : KKP / Penulis : Fitri )



Tags : klasifikasi lobster, harga lobster per kg, lobster jumbo, makanan lobster


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment