Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Menkeu: Peningkatan Produksi-Konsumsi Jadi Bekal Pemulihan Ekonomi

Menkeu-Peningkatan-Produksi-Konsumsi-Jadi-Bekal-Pemulihan-Ekonomi  Peluang.co.id -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyam...

Menkeu-Peningkatan-Produksi-Konsumsi-Jadi-Bekal-Pemulihan-Ekonomi 


Peluang.co.idMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kasus Covid-19 yang terkendali menjadi faktor kunci untuk menjalankan kegiatan ekonomi. Aktivitas konsumsi dan produksi masyarakat juga telah menunjukkan pertumbuhan.


“Aktivitas konsumsi dan produksi masyarakat yang telah meningkat akan terus menjadi bekal untuk masuk ke tahun 2022 yang lebih kuat lagi dari sisi pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (30/11/21).


Upaya mengendalikan pandemi memicu pulihnya Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK), bahkan mendekati sebelum terjadinya pandemi. Begitu juga dengan Purchasing Managers’ Index (PMI), yang mengalami kenaikan. Indikator lain yang mengalami pertumbuhan yang cukup kuat di antaranya ekspor, impor, dan konsumsi listrik.


Outlook kita tahun 2021 untuk pertumbuhan (ekonomi) masih di 3,5 – 4 persen dari PDB, yang didukung oleh sisi permintaan maupun sisi produksi terutama untuk investasi, konsumsi, ekspor untuk sisi permintaan dan sisi produksi terutama dari sisi manufaktur, perdagangan, dan bahkan sektor pertambangan,” jelasnya.


Disamping itu, stabilitas di pasar keuangan saat ini juga sangat kondusif, yang terlihat dari kepercayaan terhadap surat berharga negara (SBN) yang cukup kuat. Indeks Harga Saham juga mengalami peningkatan, begitu juga dengan nilai kurs yang cukup stabil.


Meski demikian, Sri Mulyani juga mengingatkan adanya peningkatan inflasi yang perlu diwaspadai termasuk dampak kebijakan-kebijakan yang diambil negara maju terhadap perekonomian Indonesia.


“Kenaikan inflasi ini tentu akan menimbulkan dampak dari sisi kebijakan moneter terutama di negara maju, seperti yang sering disampaikan yaitu terjadinya tapering,” tuturnya.



( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : konsumsi adalah, produksi, konsumsi distribusi, produksi adalah, contoh kegiatan produksi


ADS