Mobile Menu

navigasi

More News

Menaker Ida Minta Perlindungan PRT Ditingkatkan

7:42 PM



Peluang.co.idPekerja Rumah Tangga (PRT) merupakan salah satu dari jenis pekerjaan sektor informal di Indonesia. Seperti diketahui salah satu kelemahan utama sektor informal masih lemahnya pelindungan terhadap pekerja dalam berbagai aspek. 


"PRT yang wilayah kerjanya domestik dan swasta termasuk rentan terhadap diskriminasi seperti pelecehan profesi, eksploitasi, kekerasan baik secara ekonomi, fisik maupun psikologi dalam bentuk intimidasi," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dilansir pada Kamis (4/11/2021). 


Dalam memberikan perlindungan terhadap PRT, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerbitkan regulasi melalui Permenaker Nomor 2 Tahun 2015 tentang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT). 


Permenaker ini juga mengatur tentang Lembaga Penyalur Pekerja Rumah Tangga (LPPRT), mulai dari permasalahan izin usaha hingga terkait pembinaan dan pengawasan. 


"Perlindungan PRT tidak akan terwujud tanpa sinergi dari semua pihak. Perlindungan PRT tidak hanya tanggung jawab Pemerintah namun juga tugas kita semua termasuk lingkungan dimana PRT tersebut bekerja," kata Ida.


Ia mengungkapkan karena sulitnya pengawasan menyebabkan banyak PRT yang terlibat kasus hukum dalam hal ketenagakerjaan ataupun pidana seringkali berada pada posisi yang lemah. 


"Semua hal ini adalah tantangan untuk memberikan perlindungan terhadap PRT yang harus terus kita perbaiki," tuturnya. 


Berdasarkan data dari International Labour Organization (ILO) tahun 2015 menunjukkan jumlah PRT di Indonesia ada sekitar 4,2 juta orang yang jumlahnya sudah semakin meningkat hingga saat ini. Untuk level internasional ILO memperkirakan jumlah PRT di seluruh dunia ada sekitar 67.1 juta orang dan 11.5 juta atau 17,2% di antaranya merupakan PRT migran. 



( Sumber & Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : loker prt, tugas prt, gaji prt, uu prt



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment