Mobile Menu

navigasi

More News

Lewat Indonesia Halal Industry Award, Kemenperin Ukur Kekuatan Industri Halal Nasional

1:39 AM



Peluang.co.idMelalui Indonesia Halal Industry Award 2021, Kementerian Perindustrian mencoba mengukur sejauh mana kekuatan industri halal di dalam negeri, baik dari sisi manajemen rantai pasok bahan baku halal (halal value chain), inovasi, pembiayaan, hingga pengemasan dan pengiriman logistik. 


“Kami sangat mengapresiasi para pelaku industri yang turut serta dalam kegiatan ini. Kemenperin berharap melalui gelaran ini kemampuan industri halal semakin terukur dan mendukung arah pengembangan industri halal kedepannya,” papar Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo, Rabu (3/11/21).


Adapun empat strategi utama yang menjadi acuan para pemangku kepentingan yaitu penguatan rantai nilai halal, penguatan keuangan Syariah, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan penguatan ekonomi digital.


Kepala Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kemenperin Juniadi Marki menyampaikan bahwa kegiatan Indonesia Halal Industry Awards 2021 rencananya akan menjadi agenda tahunan di Kemenperin. 


“Hal itu dalam rangka memperkuat sinergi dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan halal, agar kegiatan Indonesia Halal Industry Awards 2021 tidak dipandang sebagai milik Kemenperin semata, namun juga milik semua pihak,” jelasnya. 


Potensi industri halal didukung dengan populasi muslim dunia pada tahun 2030 yang diproyeksi mencapai 2,2 miliar orang atau 26,5% dari populasi dunia. Hal ini mendorong potensi pasar halal global yang sangat besar. 


Data State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021 menunjukkan bahwa market size ekonomi syariah di industri halal mencapai USD2,2 triliun pada 2019 untuk kebutuhan makanan, farmasi, kosmetik, fesyen, pariwisata, dan lain lain. 



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : contoh industri halalartikel industri halalcontoh industri halal di indonesiaprospek industri halal



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment