Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tunjukkan Pertumbuhan Positif

Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tunjukkan Pertumbuhan Positif Peluang.co.id -  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut positif h...

Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tunjukkan Pertumbuhan Positif


Peluang.co.idMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut positif hasil pengukuran Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) Tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 yang menunjukkan tren meningkat. 


Peningkatan tren positif IPK tersebut dapat dilihat dari kondisi keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan secara komposit uang mencakup sembilan indikator utama pembangunan ketenagakerjaan.


"Indikator ini merujuk pada UU Nomor 13 Tahun 2003 dan telah diintegrasikan dengan komponen SDGs (Sustainable Development Goals) di bidang ketenagakerjaan, khususnya pada agenda pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak,"  ujar Ida dilansir dari situs Kemnaker, Selasa (16/11/2021).


SDGs adalah rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.


"Tujuan pembangunan ketenagakerjaan berdasarkan UU 13 Tahun 2003 adalah memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi, mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan pembangunan nasional dan daerah, memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya," terangnya.


Ida menyebut lima tujuan pengukuran IPK. Pertama yaitu mengetahui hasil pembangunan ketenagakerjaan, secara keseluruhan maupun program di setiap daerah. Kedua, menyusun peta pembangunan ketenagakerjaan.


Ketiga, bahan evaluasi dan penyusunan kebijakan dan program pembangunan ketenagakerjaan. Keempat, dasar pembinaan pembangunan ketenagakerjaan di daerah. Kelima, dasar pengusulan program pembangunan ketenagakerjaan.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : 6 indikator ketenagakerjaan, pembangunan ketenagakerjaan bertujuan untuk, peraturan ketenagakerjaan, konsep ketenagakerjaan


Reponsive Ads