Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR Minta Pemerintah Atasi Lonjakan Harga Minyak

8:31 PM

Anggota DPR Minta Pemerintah Atasi Lonjakan Harga Minyak 


Peluang.co.idAnggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan mendesak pemerintah segera mengambil kebijakan untuk mengendalikan fluktuasi kenaikan harga minyak goreng yang terus meningkat. 


Johan menyampaikan sebagai negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, seharusnya pemerintah dapat menjaga harga di pasaran domestik tidak melebihi harga acuan penjualan di tingkat konsumen yang telah ditetapkan.


"Saya minta segera tugaskan Bulog untuk mengembalikan harga minyak goreng sesuai dengan acuan harga yang telah ditetapkan. Lakukan operasi pasar minyak goreng terutama jenis kemasan yang sederhana agar mudah diakses oleh masyarakat kurang mampu," kata Johan dilansir dari situs DPR RI, Sabtu (20/11/2021).


Johan juga mendorong Bulog untuk segera bertindak menjual minyak goreng kemasan sesuai dengan harga yang telah ditetapkan dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2020 mengenai Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen. 


"Harga acuan di tingkat konsumen adalah sebesar Rp11.000 per liter, pemerintah harus segera turun tangan melakukan operasi pasar agar harga tidak sepenuhnya tergantung mekanisme pasar," imbuhnya. 


Sebelumnya, harga minyak goreng curah terus meroket. Awal Maret 2021 harganya Rp15.000 per kg, pada akhir Mei 2021 menjadi Rp16.000 per kg setelah itu naik lagi menjadi Rp17.250 per kg pada September dan naik drastis pada awal November ini seharga Rp19.000 per kg. 


"Saya tegaskan agar pemerintah harus hadir karena produk minyak goreng bukanlah produk yang pembentukan harganya sepenuhnya diserahkan pada mekanisme pasar," pungkasnya.



( Gambar : Langgam.id / Penulis : Fitri )



Tags : harga minyak goreng 200 mlharga minyak goreng kemasan termurahharga minyak goreng 1 literharga minyak goreng curah


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment