Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kunjungan ke NTB, Kemenperin Pacu Produktivitas Industri Gula

Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian mendukung pengembangan industri gula agar bisa lebih produktif dan berdaya saing sehingga bisa m...



Peluang.co.id - Kementerian Perindustrian mendukung pengembangan industri gula agar bisa lebih produktif dan berdaya saing sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri menuju swasembada khususnya gula konsumsi nasional. Melalui program revitalisasi dan memacu kebijakan investasi di sektor kritikal tersebut.


“Industri gula juga merupakan salah satu sektor strategis bagi negara, karena merupakan komoditas yang mempunyai peranan penting bagi upaya ketahanan pangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia,” jelas Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam keterangannya, Selasa (5/10/21).


Belum lama ini, Plt. Dirjen Industri Agro Kemenperin meninjau langsung produktivitas pabrik gula berbasis tebu, PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) yang berlokasi di Dompu, Nusa Tenggara Barat.


“Kami sangat mengapresiasi hadirnya pabrik gula PT SMS di luar Pulau Jawa ini, karena merupakan suatu terobosan atau langkah yang berani membangun pabrik gula di lokasi yang curah hujannya tergolong rendah dan masyarakatnya yang saat itu belum banyak mengetahui cara menanam tebu,” terangnya.


PT SMS yang berdiri sejak 2017 telah membawa dampak yang luas bagi perekonomian masyarakat sekitar perusahaan, terutama para mitra petani tebunya. Selain itu, kehadiran PT SMS turut memberikan kontribusi signfikan terhadap pendapatan daerah.


“Kami juga mengapresiasi PT SMS yang telah melakukan program kemitraan secara baik dengan para petani tebunya. Hal ini membawa manfaat besar terhadap kesejahteraan masyarakat setempat,” ungkap Putu. PT SMS telah menyerap lebih dari 500 karyawan dan melibatkan lebih dari 1.400 petani tebu mitra dengan luas tanam 1.780 hektare.


Dalam mendorong peningkatan produktivitasnya, PT SMS berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan para petani dengan program pelatihan dan pengetahuan terkait budidayatebu.



( Sumber & Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : proses industri gula, industri gula di indonesia, pabrik gula termasuk industri apa, istilah dalam pabrik gula

Reponsive Ads