Mobile Menu

navigasi

More News

Ikut Pameran di Jerman, Kinerja IKM Kerajinan Meroket

6:13 PM



Peluang.co.idDalam rangka mendorong industri kecil dan menengah (IKM) agar bisa menembus pasar ekspor, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi kepesertaan IKM kerajinan pada Pameran Ambiente di Messe Frankfurt, Jerman.


“Perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas kepesertaan ini tercatat mampu meningkatkan kinerja ekspornya dan berkesempatan memiliki pasar yang lebih luas dengan menggaet konsumen dari berbagai negara,” jelas Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita dilansir Kamis (14/10/21).


Reni mengatakan ekspor produk kerajinan tumbuh dengan baik. Pada 2020 bahkan tercatat menembus USD 829 juta. Pameran Ambiente merupakan salah satu ajang bergengsi skala internasional untuk menampilkan produk kerajinan, khususnya home decor, yang diikuti oleh lebih dari 96 negara setiap tahunnya.


“Kemenperin melalui Ditjen IKMA secara rutin berpartisipasi pada Pameran Ambiente, kecuali tahun 2021 ini karena adanya pandemi Covid-19,” ungkap Reni.


Belum lama ini, pelepasan ekspor produk kerajinan Yogyakarta dari empat perusahaan di sektor kerajinan khususnya home decor, yaitu PT Harmoni Jaya Kreasi, CV Industri Classica Variasi, CV Palem Craft Jogja, dan CV Pandanus Internusa. 


PT Harmoni Jaya Kreasi merupakan IKM anyaman dari serat alam dan telah mendapat fasilitasi Pameran Ambiente pada tahun 2018-2020. Berikutnya, CV Industri Classica Variasi (Enclave) adalah IKM kerajinan kayu dan small furniture, yang mengikuti Pameran Ambiente pada tahun 2017-2019. 


Sementara itu, CV Palem Craft Jogja pernah mendapat fasilitasi Pameran Ambiente pada 2019-2020. IKM ini memproduksi dekorasi berbahan baku serat alam dan limbah. Sedangkan, CV Pandanus Internusa, IKM yang memproduksi dekorasi rumah berbahan anyaman pandan, pernah mengikuti Pameran Ambiente pada 2019-2020. 


“Hal ini menunjukkan bahwa IKM kita memiliki daya saing cukup tinggi di pasar global. Selain itu juga memberikan harapan baik bagi kita semua, bahwa IKM tetap bisa bertahan di masa pandemi yang berat ini," pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : bantuan ikm, daftar ikm, ikm dan ukm, jenis ikm



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment