Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Herman Khaeron Ajak Pemangku Kepentingan Selamatkan Garuda Indonesia

Peluang.co.id -  Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mendesak pemerintah mencari solusi terbaik guna menyelamatkan maskapai penerbanga...



Peluang.co.idAnggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mendesak pemerintah mencari solusi terbaik guna menyelamatkan maskapai penerbangan berkode saham GIAA ini. Seperti memberikan suntikan modal dan membantu mencarikan jalan keluar dari tumpukan utang.


Herman juga menyadari masalah besar yang dialami Garuda Indonesia. Terlilit utang dari banyak pihak, jumlah utang maskapai ini diperkirakan mencapai Rp70 triliun. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan penerbangan. 


"Masalahnya pandemi ini berkepanjangan, utang bertambah, negosiasi dengan lessor buntu," ujar Herman dalam keterangan tertulis, dilansir dari situs resmi DPR, Rabu (27/10/2021). 


Dengan demikian, Herman pun bertekad untuk mengajak para pemangku kepentingan gotong royong, bahu-membahu guna menyelamatkan Garuda Indonesia.


"Kita harus tetap berupaya untuk menghasilkan kesepakatan yang terbaik. Jadi ada celah Garuda bisa melangsungkan usahanya dan mencari jalan yang tepat untuk memenuhi kewajibannya membayar utang. Kami bertekad dalam rapat komisi mendorong Garuda tetap jadi flag carrier negara dan dipertahankan sebagai kebanggaan bangsa Indonesia," terangnya.


Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham mayoritas tampaknya mulai kewalahan mencari jalan keluar. Pasalnya, perusahaan pelat merah ini tengah menghadapi Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) kedua terhadap kreditur global.


PKPU merupakan skema restrukturisasi utang Garuda sebesar Rp70 triliun dari total utang senilai Rp140 triliun. Opsi ini menjadi pilihan utama sebelum pemegang saham mayoritas, yakni Kementerian BUMN menempuh langkah pailit. Isu penyelamatan lain pun mulai muncul ke publik, yaitu mengganti Garuda Indonesia dengan PT Pelita Air Service (PAS).



( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : garuda indonesia karirburung garuda indonesiatiket garuda indonesiagaruda indonesia check in

Reponsive Ads