Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenperin Usulkan Strategi Hilirisasi Industri Oleokimia

12:40 AM



Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan telah menjadikan industri oleokimia sebagai salah satu prioritas nasional sejak tahun 2010, dan konsisten memberikan dukungan agar sektor ini tumbuh.


Industri oleokimia merupakan industri berbasis pengolahan minyak sawit menghasilkan produk yang sangat diminati konsumen global di masa pandemi. Seperti oleokimia sabun dan glycerine (bahan baku hand sanitizer) yang dipakai untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.


“Kemenperin menyiapkan beberapa fasilitas dan dukungan bagi industri oleokimia agar tetap produktif, bahkan di tengah pandemi,” ujar Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika dikutip dari situs Kemenperin, Jumat (10/9/2021).


Fasilitas tersebut seperti penerbitan dan monitoring Izin Operasional Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) bagi perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri. Agar perusahaan tetap beroperasi di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 


“Apalagi industri oleokimia termasuk dalam sektor kritikal yang dapat tetap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya.


Selanjutnya, industri oleokimia juga termasuk dalam sektor industri yang mendapat fasilitas Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) yaitu harga beli di plant gate sekitar USD 6/MMBTU. Fasilitas ini telah diterima oleh sekitar 20 pabrik oleokimia dari 11 perusahaan.


“Kemenperin juga mendorong sektor industri oleokimia sebagai penghela program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), seiring percepatan-perluasan program vaksinasi COVID-19 masyarakat,” tutupnya.


( Gambar : Kementrian Perindustrian / Penulis : Fitri )



Tags : apa itu oleokimia, proses pembuatan oleokimia, contoh industri oleokimia, jurnal oleokimia


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment