Mobile Menu

navigasi

More News

Ekonomi China Kuartal II Tumbuh Melambat Akibat Covid-19

10:30 PM


Peluang.co.idEkonomi China tumbuh lebih lambat dari yang diharapkan pada kuartal kedua, karena aktivitas manufaktur yang melambat, biaya bahan baku yang lebih tinggi, dan wabah COVID-19 baru membebani momentum pemulihan.


Dikutip dari Reuters pada Kamis (15/7), produk domestik bruto (PDB) tumbuh 7,9 persen pada kuartal April-Juni dari tahun sebelumnya. Angka ini meleset dari perkiraan ekonom yaitu kenaikan 8,1 persen.


Pertumbuhan melambat secara signifikan dari rekor ekspansi 18,3 persen pada periode Januari-Maret, ketika tingkat pertumbuhan tahun ke tahun sangat dipengaruhi oleh kemerosotan yang disebabkan oleh COVID-19 pada kuartal pertama 2020.


"Angkanya sedikit di bawah ekspektasi kami dan ekspektasi pasar, saya pikir momentumnya cukup kuat," kata ekonom UOB Woei Chen Ho di Singapura.


"Kekhawatiran kami yang lebih besar adalah pemulihan yang tidak merata yang telah kami lihat sejauh ini dan bagi China pemulihan konsumsi domestik sangat penting penjualan ritel bulan ini cukup kuat dan itu mungkin menghilangkan beberapa kekhawatiran," imbuhnya.


Sementara ekonomi terbesar kedua di dunia telah pulih dengan kuat dari krisis COVID-19, didukung oleh permintaan ekspor yang kuat dan dukungan kebijakan, data dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan beberapa kehilangan momentum.


Biaya bahan baku yang lebih tinggi, kekurangan pasokan, dan pengendalian polusi membebani aktivitas industri, sementara wabah kecil COVID-19 telah membatasi pengeluaran konsumen. ( Foto : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : ekonomi china saat ini, ekonomi china melesat, perkembangan ekonomi china, kekuatan ekonomi china


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment